50 Desain Tempat Tidur

Bed…atau kata lain adalah tempat tidur. Yang segera terbayang adalah sebuah kotak persegi panjang dari kayu sebagai wadah dudukan kasur yang empuk. Di atas kasur itulah orang merebahkan diri, beristirahat setelah seharian beraktivitas. Sekedar leyeh-leyeh bersantai melemaskan otot punggung dan kaki yang kaku, atau meneruskannya hingga terlelap. Sebagai tempat istirahat mebel ini sangat penting dan umumnya diletakkan di kamar tidur. Model, ukuran dan materialnya pun sangat beragam. Ada yang sederhana hingga yang memiliki tiang dan penuh ukiran. Dari ukuran single hingga ukuran king yang dapat dipilih sesuai peruntukkannya.

Perkembangan tempat tidur dari jaman ke jaman sebetulnya mengalami beberapa transformasi atau perubahan. Pada jaman dulu tempat tidur hanyalah sekedar kotak memanjang yang menjadi penopang tumpukan jerami atau sesuatu yang empuk untuk direbahi. Setelah kapuk berhasil dibungkus dalam kantong besar dan akhirnya menjadi kasur, tempat tidurpun mulai mendapat perhatian sebagai salah satu jenis mebel atau perabot penting dalam sebuah rumah.

Di pasaran kita dapat menemukan sebagai jenis tempat tidur. Yang satu susun, yang bersusun dua ke atas maupun yang bersusun ke bawah (sandwich). Kasur kapuk, kasur bulu angsa, busa, lateks, spring bed (dengan per di dalam), kasur udara hingga kasur air. Mau berkaki atau tidak, memiliki laci di kolongnya, mempunyai tiang, memiliki headboard yang cantik, semua bisa dipilih atau didesain secara khusus.

Satu hal yang penting dalam memilih tempat tidur adalah ukuran harus sesuai dengan peruntukan dan luas ruang. Untuk berdua tentu jangan pilih ukuran single (90 x 200 cm), tapi pilih setidaknya ukuran queen (160 x 200 cm). Jika luas kamar tidur hanya 2 x 2m tentu sebaiknya tidak mengambil tempat tidur ukuran king (180 x 200 cm). Untuk kamar ukuran tersebut lebih ideal diisi tempat tidur single.

Dalam buku ini disajikan lengkap berbagai jenis tempat tidur hingga penataannya dalam kamar. Tentu saja kami berharap buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan ide yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Selamat membaca dan terinspirasi.

Adhi S. Tana