Info Penting Kehamilan

SEBAGAI dokter yang berpraktek kebidanan, saya sering menghadapi berbagai keluhan dan pertanyaan pasien seputar kehamilannya. Ketidaktahuan akan perubahan tubuh yang terjadi ternyata kerap menimbulkan berbagai kecemasan yang sesungguhnya tidak perlu. Namun demikian, kesempatan pasien untuk bertemu dokter sungguh sangat terbatas. Terkadang, pasien yang telah bersiap-siap dengan berbagai pertanyaan dari rumah, saat bertemu dokter di ruang praktek lupa menanyakan hal-hal yang ingin ditanyakannya.

Berbagai pertanyaan dan keluhan sehari-hari di kamar praktek tersebut kemudian saya catat dan kumpulkan, kemudian dirangkum dalam bentuk buku. Buku ini terbagi dalam tiga bagian, pertama tentang perubahan tubuh ibu hamil yang sesungguhnya normal terjadi namun kerap menimbulkan kecemasan, bagian kedua tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama hamil, dan bagian ketiga tentang kehamilan yang tidak normal.

Sungguh buku ini jauh dari sempurna, namun saya berharap keberadaan buku ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu seputar kehamilannya dan menjadi jembatan komunikasi antara dokter dan pasien seputar masalah kehamilan. Dengan membaca buku ini saya harapkan ibu hamil waspada terhadap hal-hal yang tidak normal berkaitan dengan proses kehamilannya.

Akhir kata, semoga buku ini dapat menjadi jawaban bagi para calon ibu dan bermanfaat pula bagi ibu yang sedang menghadapi masalah dalam kehamilannya.

Penulis,