Pastry & Bakery Magazine Oktober 2011

Apa kabar pembaca tercinta,

Berita perekonomian belakangan ini terdengar sedikit kurang menyenangkan. Nilai tukar rupiah yang makin menurun terhadap dollar Amerika, harga emas melonjak tinggi, harga-harga saham pun sempat berjatuhan. Namun melihat fenomena ini, jangan lantas takut. Seperti kehidupan, bisnis dan ekonomi terkadang mengalami pasang surut. Dalam menjalankan bisnis, kita selalu harus siap menghadapai segala macam masalah, mulai dari harga bahan-bahan yang ‘menyesuaikan’ dengan nilai tukar mata uang asing hingga masalah SDM. Tergantung kepada diri kita bagaimana mengelola berbagai kendala tersebut. Diperlukan berbagai adjustment, kompromi-kompromi dan inovasi untuk menjalankan roda bisnis. Kalau kita berhenti berpikir, sama saja dengan menyerah. Ayo, putar lagi otak untuk memperoleh pencerahan agar stagnansi yang melanda tak berkepanjangan.

Menilik etos kerja yang pantang menyerah, saya teringat dengan Darwin Sofyan, pemilik Home Made Bakery yang selalu melakukan inovasi agar bisnis bakery-nya tetap berdiri dan makin maju, walaupun sudah banyak persaingan dari kanan kiri. Dengan semangat kerja keras, fokus dan inovatif, ia berhasil melewati berbagai macam rintangan. Kita bisa bercermin melalui sikap kerja Darwin dalam artikel BakerSpirit.

Membicarakan bisnis, bidang food service masih tak ada matinya. Salah satunya bisnis gerai Pizza. Makanan khas Italia ini makin menjamur di pelosok Ibukota. Mulai dari resto fancy di dalam mall-mall, foodcourt, hinga menyebar ke pinggir-pinggir jalan. Rasa yang enak, roti empuk sebagai crust-nya menjadi daya tarik bagi penggemar pizza, walau pizza otentik Italia juga makin banyak bermunculan. Pastry&bakery juga akan mengulas bisnis pizza, berikut berbagai outlet pizza terkemuka.

Untuk inspirasi lainnya, kami ketengahkan mengenai Choux Pastry atau lebih kita kenal dengan Kue Sus. Kali ini melalui rubrik In Baking akan dikupas mengenai Choux Pastry, begitu pula inspirasi resepresep berkaitan dengan Choux Pastry dari dapur kami.

Selamat menikmati berbagai artikel kami, semoga bisa menjadi penyemangat dan berbagi inspirasi untuk Anda.

Salam,